Langsung ke konten utama

Pengalaman Kuliah Jurusan Manajemen

Kali ini aku akan share pengalaman kuliahku di jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis di salah satu universitas swasta di bandung .. Anw aku sekarang sedang menyusun skripsi alias semester akhir / smt 8 . ya aku tau aku harusnya ngerjain skripsiku, tapi aku ingin share dulu deh ke kalian pengalaman aku kuliah di jurusan ini dari semester 1 sampai sekarang.

Jurusan manajemen ini mengacu pada hal-hal yang berkaitan dengan manajer atau doing something through people.. iya kita disini bakal belajar semua teori tentang mengelola perusahaan baik itu tentang marketing, operasional/produksi, sumber daya manusia, serta keuangan perusahaan.

aku masuk jurusan ini karna meneruskan jurusan smk ku dulu, yaitu Adm. Perkantoran. sama2 ekonomi lah ya hehe. tadinya aku masuk jurusan ini juga karna aku ga mau masuk ke akuntansi, yap. sejujurnya aku gasuka akuntansi. eh tau taunya yaa, di manajemen juga ada matkul akuntansi :'). sampe ada pengantar akuntansi, akuntansi biaya, dan lainnya :') wkwkw tapi gapapa alhamdulillah semua dosen akuntansi yang ngajar di kelasku semuanya baik dan sangat jelas pemaparan materinya. jadi pada akhirnya aku malah suka dengan akuntansi

oiya dijurusan ini juga ada belajar bisnis ya. selain itu kita juga belajar bikin proposalnya , kalo di kampusku nama matkulnya studi kelayakan bisnis. jadi kita itu kayak belajar bikin proposal tentang sebuah usaha yang seolah-olah sudah memiliki usaha sendiri. Proposal ini berguna untuk mendapatkan investor tentunya.

Oiya semester 1 sampai dengan semester 5 itu kita belajar teori2 dasar dan matkul dasar tentang manajemen baik itu matkul pengantar manajemen, ekonomi mikro, ekonomi makro, msdm, mo, mp, mk (penjelasan ada dibawah ) hehe . selama kuliah disini, ada matkul(matakuliah) yang paling aku ga ngerti, yaitu STATISTIK huhu, pokonya aku bermusuhan sekali dengan yang namanya statistik. statistik itu diatas level matematika pada umumnya :(

daaan saat menginjak semester 6, aku menjalani KKNM (Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa) selama 30 hari. ini sistemnya tergantung universitas ya. kalo aku, masing-masing kelompok ada sekitar 40 orang semua jurusan semua fakultas dicampur jadi satu kelompok. didalam kelompok tentunya bakal ada ketua dan jejeran strukturalnya Note : Pilih ketua kelompok yang fleksibel, tidak otoriter! (Kenapa ? ini terjadi sama kelompok aku yang salah memilih ketua kelompok, ketua kelompok ku sangat otoriter, sangat tidak berbaur dengan semua anggota kelompok. pokonya kkn ku tidak indah, sama sekali tidak indah!) .. selain itu, pemilihan posko(rumah) yang akan ditempati selama kkn, kalian harus memilih rumah yang betul2 nyaman, dan affordable tentunya, karna semua biaya selama kkn kita yang tanggung sendiri, termasuk makan tentunya hehe.

usahakan selama kuliah, kalian tidak terbawa arus yang tidak baik ya. karna didunia perkuliahan banyak sekali hal yang baru dikenal. kalian bakal mengenal orang-orang yang berbeda budaya , asal, danlainnya hehe. kalo mau pacaran pun cari pacar yang bisa bikin kamu tambah semangan dalam kuliah pokonya memberikan energi positif.

nah tiba di semester 7 waktunya memilih fokus jurusan manajemen apa yang harus dipilih, di kampus ku ada 4 fokus jurusan untuk manajemen, yaitu: MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia), MO (Manajemen Operasi), MK (Manajemen Keuangan), dan MP (Manajemen Pemasaran). kenapa harus milih fokus jurusan? karena untuk basic judul skripsi yang akan diambil. sewaktu mengisi formulir fokus jurusan aku harus memilih 2 pilihan, dan nantinya fakultas yang menentukan fokus jurusan apa yang aku ambil dari 2 pilihan itu.

aku memilih MSDM dan MP, kenapa ? karena itu yang paling mudah menurutku intinya tidak berhubungan dengan hitung menghitung data kuantitatif. kemudian ternyata fakultas memberikan aku fokus jurusan untuk MSDM. disitu aku merasa bersyukur sekali karena masih ada dalam kategori kedua pilihan aku. hehe

disini setelah memilih fokus jurusan aku harus mengikuti seminar sesuai fokus jurusan yaitu MSDM, seminar disini seperti matakuliah yang mengajarkan kita tentang cara bagaimana memilih judul, menyusun skripsi, dan cara-cara mengolah data untuk skripsi khususnya untuk MSDM. dan tentunya dimatakuliah ini kita harus belajar membuat proposal skripsi dari bab 1-3.

nah nantinya kalo proposal kita bagus dan kepake sama dosbing (dosen pembimbing) kita gausah ganti judul lagi dan lanjut revisi, lalu sidang UP (usulan penelitian), dan lanjut ke bab 4 5 .. tapi sialnya judul aku saat seminar harus diubah total. harus ganti judul! iya ganti judul, ganti semuanya dari awal lagi :')

selama masa bimbingan aku mengalami ganti judul sampai 3x dan itu membuat aku gabisa ikut wisuda kloter pertama. dan terpaksa harus mengikuti wisuda kloter kedua . tapi gapapa mungkin Allah sedang merencanakan sesuatu yang lebih baik :)

ya, yg namanya bimbingan pasti ada susah dan senengnya. susah ketika kita harus revisi lagi dan lagi, saat buntu pikiran gabisa mikir tp dikejar deadline, saat dimarahin dosbing karena salah dll .. seneng ketika dapet acc , revisi yg dikerjain sudah bener dan ketika acc maju sidang :D

naaah sekarang waktunya sidang UP, disidang UP kita akan diberi beberapa pertanyaan mengenai proposal penelitan. lebih ke metode apa yang akan digunakan untuk mengolah data skripsi. lalu akan diberikan arahan oleh penguji harus bagaimana dan apa saja yang mesti diubah. dan itupun tergantung dosbing, beliau mau diubah apa engga. kalo engga ya gausah

setelah sidang UP selesai pastinya terbitlah revisian sesuai penguji UP hehe

beres revisi UP, kita lanjut ke bab 4 dan 5 lalu sidang akhir ya sidang akhir

sidang akhir yang diuji oleh 2 orang penguji dan 2 orang pembimbing .. dan alhamdulillah aku dapat hasil yang memuaskan dan dinyatakan LULUS :)

sekian pengalaman kuliah jurusan manajemen ku. semoga membantu ya terimakasih

Komentar

  1. Wah terimakasih telah berbagi pengalamannya:)
    Sebentar lagi bakal ngejalanin pkl semoga saya dan teman" bisa sukses pkl, sedikit deg"an dan takut soalnya udah lama ngga masuk sekolah, nda diajarin secara lngsung oleh guru praktek"nya:)
    Mana korespondensi udah lupa aduhh harus ngebut bljr" lagi😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi semoga sukses terus yaaa kak . Semangaaat🤗

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Sekolah Jurusan ADM.PERKANTORAN

Untuk postingan pertama gw, gw bakal share pengalaman sekolah SMK jurusan Adm Perkantoran.. Awal nya sih gw emang niat banget masuk sekolah ke SMK tapi niat awal mau masuk jurusan TKJ, tapi setelah gw ngobrol2 sama temen smp katanya dia mau sekolah di sekolah yang sama tapi jurusan Adm.Perkantoran.. nah disitu gw langsung tertarik ngedenger kata "perkantoran" dalam benak gw sih kayaknya keren sekolah jurusan itu ,, "namanya aja perkantoran".. haha yaudah setelah gw lulus smp dengan nilai (NEM) yg cukup memuaskan, tanpa pikir panjang.. gw langsung daftar masuk SMK terdekat yang katanya sih bagus tapi itu sekolah swasta .. karena setau gw dulu sekolah SMK yg negeri itu jauh * gw orangnya jarang main sana sini .. eh taunya deket setelah gw alamin masa PKL #skipdulu .. gw ga berfikir buat masuk SMK karna bayangan gw dulu itu kayaknya gakkan kuliah , grgr liat kaka gw juga skrng ga kuliah alias langsung kerja ..  SKIP .. saat gw pertama belajar .. gw baru tau juru

CATATAN ABSURD

Pernah ga sih lo ngerasain hidup bener bener sendiri? Maksudnya ya ketika lo pengen ke suatu tempat gaada yang bisa nemenin, ketika lo pengen curhat gaada yang bisa ngertiin lo, intinya ketika lo butuh seseorang buat nemenin lo , semuanya pada gabisa.. Singkat cerita, gw pada saat itu emang baru putus dari pacar gw. Ya emang sih ga seberapa .. Tapi gimana ya, kita pacaran itu sekelas, dan udah biasa samasama kan, selain sekelas juga kita satu geng *ya bukan geng sih, mungkin kalian pernah punya temen deket yang selalu kemana2 bareng kan ? Ya sejenis itu lah ya. Nah kalian bisa bayangin kan saat kita ketemu untuk pertama kalinya setelah putus ??? Absurd banget menurut gw .. Dia bertingkah seolah2 kita masih pacaran -____- ya lo tau lah cewe digituin pasti ada rasarasa geer lagi kan .. ……………… Dia bertingkah seperti itu hanya sebentar , kesananya ya dia terkesan menjauh *ya gw pun sama sih wkwk Nah pada saat itulah semuanya seperti menjauh, bukan menjauh lebih tepat