Langsung ke konten utama

Pengalaman Sekolah Jurusan ADM.PERKANTORAN

Untuk postingan pertama gw, gw bakal share pengalaman sekolah SMK jurusan Adm Perkantoran..

Awal nya sih gw emang niat banget masuk sekolah ke SMK tapi niat awal mau masuk jurusan TKJ, tapi setelah gw ngobrol2 sama temen smp katanya dia mau sekolah di sekolah yang sama tapi jurusan Adm.Perkantoran.. nah disitu gw langsung tertarik ngedenger kata "perkantoran" dalam benak gw sih kayaknya keren sekolah jurusan itu ,, "namanya aja perkantoran".. haha

yaudah setelah gw lulus smp dengan nilai (NEM) yg cukup memuaskan, tanpa pikir panjang.. gw langsung daftar masuk SMK terdekat yang katanya sih bagus tapi itu sekolah swasta .. karena setau gw dulu sekolah SMK yg negeri itu jauh * gw orangnya jarang main sana sini .. eh taunya deket setelah gw alamin masa PKL #skipdulu .. gw ga berfikir buat masuk SMK karna bayangan gw dulu itu kayaknya gakkan kuliah , grgr liat kaka gw juga skrng ga kuliah alias langsung kerja ..

 SKIP ..


saat gw pertama belajar .. gw baru tau jurusan Adm perkantoran itu jurusan untuk jadi sekertaris .. "tau gini gw gakkan masuk jurusan ini" itulah yg ada di fikiran gw karna apa ? gw sama sekali gak berminat masuk jurusan ini kalo gw tau kedepannya gw bakal mempelajari kerjaan seorang sekertaris.. hmm salah gw juga sih gw awalnya ikut2 temen jadi gini deh akibatnya.. 
hari demi hari gw lewatin ternyata jurusan ini tuh gak begitu susah kita belajar bagaimana cara menangani telepon, mengetik cepat, menulis dengan rapi, membuat agenda rapat, mengarsipkan dll ,, pokoknya yang berhubungan dengan kerjaan kantor deh ..
saat pembagian rapot semester pertama gw gak nyangka gw dapet ranking 10 .. gw disitu kaget banget ..bukannya gw sombong atau apa.. gw waktu smp dapet ranking ke 2 .. tiba2 gw masuk ranking ke 10 tapi itu ada sebabnya kenapa ranking gw bisa anjlok gitu .. penyebabknya adalah nilai bahasa sunda gw kosong! padahal gw udah ikut ujian tapi gurunya bilang gaada kertas ujiannya .. dengan berat hati gw ujian ulang lagi sambil nangis.. #padahal gw males banget sama nih pelajaran .. alhasil gw dimarahin sama ortu gw -_-

SKIP ..

pembagian rapot kenaikan kelas alias semester 2 dibagiin .. yesss gw bisa membuktikan ke ortu gw bahwa gw bisa kembali ke ranking yg sebelumnya gw pernah dapet malahan lebih .. yaps .. gw dapet ranking 1 ,, yuhuuu horeee sorak2 gembira.. karna itu pertamakali gw dapet ranking 1 .. sampe rumah gw langsung minta hadiah gw pengen jalan2 ke pangandaran .. tapi setelah gw pikir2 lagi .. saat itu kan lagi musim2nya HP BB .. yaudah gw minta hadiah itu aja ke ortu .. yess akhirnya gw dibeliin BB gemini walaupun itu seken beli di konter deket rumah .. haha 

dari situ berangsur angsur alhamdulillah gw dapet ranking terus walaupun itu terkadang ranking 2 ..  gapapalah ..


pas kelas 2 gw mempelajari ttg STENOGRAFI, stenografi itu berarti TULISAN CEPAT *bisa searching lebih lanjut di mbah google" .. awalnya gw gasuka sama stenografi ini karna ini tuh sulit .. katanya tulisan cepat tapi menurut gw lebih cepet nulis huruf biasa A B C D E dst haha *yaiyalah .. tapi lama kelamaan gw suka banget sama tulisan ini .. dengan tulisan ini gw bisa curhat/ coret2 di kertas tanpa orng lain tau apa artinya .. #kecuali temen satu jurusan ..

lanjut PKL/Prakerin .. PKL/prakerin itu singkatan dari (Praktek kerja lapangan/industri) gw PKL di PT.PLN Persero Rayon Baleendah sama temen gw yg namanya melan selama 2 bulan.. tapi melan di tempatin di tempat yang berbeda .. udah beres PKL gw bikin laporan PKL .. pas bikin laporan PKL gw ribet bangeet ,, karna gw bikin laporan sendiri.. beda sama temen2 gw yang bikin laporan bebarengan .. sampe bolak balik print ke warnet . malem2 sampe pulang jam 8 .. tapi gapapa lah hasilnya gw berhasil bikin laporan itu :D

selesai bikin laporan .. 

 SIDANG PKL ..sidang gw di kelas 3

pas mau sidang deg2degan banget ,, menghafal hampir semua yg ada di laporan yg gw buat .. hati gak tenang banget pokoknya .. kesekolah pake highheels sebenernya gak harus pake HH sih tapi gw punya nya HH yaudah gw pake itu aja ,, datang pake heels pas nanyain jadwal sidang jam berapa kata pengujinya jam 12 ,. yaudah gw santai aja ,, pas jam udh jam 10 gw sama temen2 mulai sibuk buat dandan .. pake bedak,eyeliner, lipstik, dll pokoknya gw udh kayak badut deh risih banget gak terbiasa pake makeup .. emang keharusan buat anak AP pas sidang musti pake make up ..

nunggu dari jam pagi .. di panggil sore2 .. makeup udh luntur udah cape .. gak lama nama gw dipanggil .. gw masuk ke penguji 1 ,, penguji 1 itu guru gw sendiri namanya bu imas ,, penguji 2 itu kaprog (kepala program) AP gw udh kenal sih namanya bu arina,, gw kira gw bakal ditanya ttg sejarah atau yg macem2 .. ternyata gw ditanya yg gampang2 aja kayak pkl dimana , visi misi perusahaan, kerjaannya ngapain aja dll .. sidang tapi rasanya kayak yg diajak ngobrol doang haha

lanjut hari demi hari makin sibuk ,, mulai dari UJIKOM, TO, US, dan akhirnya UN..
capeee rasanya kalo inget hari2 itu ..

yaps itulah pengalaman gw sekolah di SMK jurusan ADM. perkantoran .. gw ambil hikmahnya aja ternyata jurusan ini tuh gampang2 susah ,, tapi dengan gw masuk jurusan ini gw dapet temen2 yg emang udh kayak keluarga gw sendiri .. gw dapet pengalaman banyak ,, mulai dari tangan kejepit mesin tik saat praktek, gemeteran pas ujikom menangani telepon, belajar dandan dll haha .. 

 sekian dan terimakasih ~~

Komentar

  1. Ka mau tanya pas pkl pekerjaan yang di kasih apa saja? Terus sulit gak? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngikutin aja , waktu itu saya ditempatin di bagian kearsipan dan pelayanan pelanggan .. tugasnya kayak input data, nerima telepon dll :)

      Hapus


    2. Ka mau tnya,klo misalnya masuk AP tpi kita blm trlalu bisa buat main komputer,apa nnti bkal di ajarin pas praktek?

      Hapus
    3. Diajarin kok pastii, sambil latihan aja dirumah pake laptop. Atau kalo aku dulu bisa main ke warnet ya buat otak atik microsoft office☺️

      Hapus
  2. Makasih mbak telah memberi pengalamannya

    BalasHapus
  3. Tapi klo kita lebih giat atau memahami lebih dalam ilmu perkantoran kita jg bisa kan dinaikanjabatan nya dri sekterasi jadi staff?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau aku sekretaris lebih tinggi dari staf jabatannya kak *maaf kalo salah

      Hapus
  4. Mau tanya kak tolong dijawab, harus mahir matematika apa gimana? Soalnya aku lemah di mtknya:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga mahir juga bisa kok. asal bisa matematika dasar aja karena itu dibutuhkan saat menghitung kas kecil, akuntansi dll :)

      Hapus
  5. Mau tanya kak tolong dijawab, harus mahir matematika apa gimana? Soalnya aku lemah di mtknya:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga harus juga gapapa. Yg penting tau matematika dasar aja sih

      Hapus
  6. Mau tanya kak tolong dijawab, harus mahir matematika apa gimana? Soalnya aku lemah di mtknya:(

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah mbak saya juga anak AP tapi saya alhmdulillah gaada kesulitan saat PKL malah lancar dan nilai memuaskan , bner jg sih gamapang" sulit tapi kita harus ambil hikmahnya aja dan harus ada niat insyallah kalo niat nya itu serius pasti ga ada yang mengeluh, soo jadi gini pasti ada kemudahan disetiap kesulitan :)

    BalasHapus
  8. Kak kira"kalo misalnya ambil jurusan ADM perkantoran mudah ga dapat pekerjaanya

    BalasHapus
  9. kak, skrng kerja di bagian apa? prospek kerja lulusan AP smk luas ga kak? apa bnr gajinya ga terlalu menjamin? apa hrs lanjut kuliah dulu biar bisa dapet yg lebih menjamin di jurusan ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kerja di bagian akunting, kalo untuk gaji sih tergantung kita kerja diperusahaan apa.
      Untuk saat ini menurut aku sih penting ya utk meneruskan kuliah. Mengingat banyaknya saingan diluar sana, yg udh lulus kuliah aja banyak yg masih nganggur. Dan satu lagi, kalo ingin dpt kerjaan dg gaji lumayan, kamu harus lancar berbahasa inggris ya. !! Semangat

      Hapus
  10. Ka aku mau tanya dong
    Kalo masuk ke AP apakah kita belajar bahasa inggris juga ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar kokk. Bahkan disekolah ku dulu ngefasilitasin buat les bahasa inggris๐Ÿ˜Š

      Hapus
  11. Kak pkl itu tempatnya dipilih sekolah ya atau pilih sendiri ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantumg sekolahan nya itu mh

      Hapus
    2. Aku dulu disuruh nyari sendiri dan pilih sendiri, tergantung kebijakan sekolah. Ada yg dipilihin dari sekolah, ada juga yg di suruh nyari sendiri

      Hapus
  12. hai , aku lagi nyari tempat pkl di daerah bekasi, administrasi perkantoran juga sih. ada yang tau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh maaf ya aku kurang tau . Aku di bandung soalnya☺️

      Hapus
  13. Kak mau nanya yang di kerja selama pkl apa saja kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku sih karna ditempatin di pelayanan pelanggan, jadi kerjanya ngurusin arsip customer, mengirim tagihan melalui fax ke customer, input data dll

      Hapus
    2. di sana nnti di ajarin lagi ga ka ?

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kuliah Jurusan Manajemen

Kali ini aku akan share pengalaman kuliahku di jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis di salah satu universitas swasta di bandung .. Anw aku sekarang sedang menyusun skripsi alias semester akhir / smt 8 . ya aku tau aku harusnya ngerjain skripsiku, tapi aku ingin share dulu deh ke kalian pengalaman aku kuliah di jurusan ini dari semester 1 sampai sekarang. Jurusan manajemen ini mengacu pada hal-hal yang berkaitan dengan manajer atau doing something through people .. iya kita disini bakal belajar semua teori tentang mengelola perusahaan baik itu tentang marketing, operasional/produksi, sumber daya manusia, serta keuangan perusahaan. aku masuk jurusan ini karna meneruskan jurusan smk ku dulu, yaitu Adm. Perkantoran. sama2 ekonomi lah ya hehe. tadinya aku masuk jurusan ini juga karna aku ga mau masuk ke akuntansi, yap. sejujurnya aku gasuka akuntansi. eh tau taunya yaa, di manajemen juga ada matkul akuntansi :'). sampe ada pengantar akuntansi, akuntansi biaya, dan lainnya :

CATATAN ABSURD

Pernah ga sih lo ngerasain hidup bener bener sendiri? Maksudnya ya ketika lo pengen ke suatu tempat gaada yang bisa nemenin, ketika lo pengen curhat gaada yang bisa ngertiin lo, intinya ketika lo butuh seseorang buat nemenin lo , semuanya pada gabisa.. Singkat cerita, gw pada saat itu emang baru putus dari pacar gw. Ya emang sih ga seberapa .. Tapi gimana ya, kita pacaran itu sekelas, dan udah biasa samasama kan, selain sekelas juga kita satu geng *ya bukan geng sih, mungkin kalian pernah punya temen deket yang selalu kemana2 bareng kan ? Ya sejenis itu lah ya. Nah kalian bisa bayangin kan saat kita ketemu untuk pertama kalinya setelah putus ??? Absurd banget menurut gw .. Dia bertingkah seolah2 kita masih pacaran -____- ya lo tau lah cewe digituin pasti ada rasarasa geer lagi kan .. ……………… Dia bertingkah seperti itu hanya sebentar , kesananya ya dia terkesan menjauh *ya gw pun sama sih wkwk Nah pada saat itulah semuanya seperti menjauh, bukan menjauh lebih tepat